Senin, 07 November 2016

Tips Menjodohkan dan Mengawinkan Lovebird dengan Cepat


Lovebird atau bahasa indonesianya adalah burung cinta. Burung ini dinamakan lovebird bukan tanpa alasan, melainkan karena burung ini sangat setia pada pasangannya sampai mati. Ada yang mengatakan bahwa burung ini akan berpasangan sampai mati. Saking setianya jika salah satu pasangannya mati atau dipisahkan maka pasangan satunya akan stres lalu jatuh sakit dan mati. Tetapi jarang menemukan yang seperti ini, bahkan lovebird di penangkaran bisa ditukar pasangan dan kawin dengan metode poligami, mungkin ini relatif karena beberapa lovebird karakternya memang berbeda,
Sebelum menjodohkan lovebird perlu diperhatikan, lovebird yang dikatakan matang reproduksinya dan siap berkembang biak adalah sekitar 8 bulan keatas, rekomendasi umur 1 tahunan baik jantan maupun betinanya. 
Bagi anda yang ingin menjodohkan lovebird hanya sepasang jantan dan betina lovebird teknis yang bisa dilakukan adalah.
1. Pilih lovebird betina dan jantan, yang muda (remaja) lebih baik lagi, jika sudah matang juga tidak masalah.
2. Jika masih muda bisa langsung disatukan kedalam 1 kandang yang sama, biarkan sampai mengenal. Jika sudah dewasa terlebih dahulu pisahkan kedalam kandang yang berbeda. Perkenalkan lovebird dewasa dengan menempelkan kandang dan biarkan saling melihat terlebih dahulu. Jika sudah terlihat akrab bisa disatukan dalam satu kandang.
3. Jika sudah saling bercumbu adu paruh atau menyisir rambut biasanya sudah jodoh.
Lovebird adalah burung yang dikenal sebagai burung pemilih, apalagi jika sudah dewasa. Kadang jika tidak suka maka tidak mau jodoh. Makanya kebanyakan pecinta lovebird langsung menjodohkan lovebird mereka dari umur remaja bahkan anakan agar saat dewasa langsung berjodoh.
Langkah selanjutnya adalah mengawinkan lovebird, proses ini cukup ditunggu saja, jika sudah jodoh insya allah lovebird akan kawin dan mulai bertelur. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sarana, pakan, dan perawatan yang benar agar lovebird merasa nyaman. Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir atau bisa juga lebih. Proses mengeram biasanya sekitar 21 harian,kurang lebih 3 minggu. Jaga selalu makanan lovebird terlebih jika sudah mempunyai anakan.
disunting dari binatangpeliharaan.org